Sabtu, 23 Maret 2013

Taman Nasional Danau Sentarum, Kalimantan Barat


Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) adalah wilayah taman nasional yang melindungi dan memiliki keanekaragaman hayati, total luas taman ini sekitar 132.000 Ha

Taman nasional ini terletak di Kalimantan Barat, Indonesia, Kota terdekat untuk dapat mendatangi tempat ini adalah Pontianak

Pada tahun 1999, Danau Sentarum ditetapkan sebagai taman nasional. Sebelumnya, Taman Nasional Danau Sentarum berstatus cagar alam (1981/1982) dan suaka margasatwa (sejak 1983).


Danau Sentarum, Kalimantan Barat


Peta Lokasi Danau Sentarum


Kapal cepat atau speed boat menjadi alat transportasi utama yang digunakan petugas penjaga Taman Nasional Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, untuk menjaga wilayahnya

Namun, mahalnya harga bensin di daerah ini menjadi salah satu kendala yang menghambat mobilitas mereka

Petugas pengendali ekosistem hutan, Seksi II Pengelolaan Taman Nasional Danau Sentarum, Komarwan, mengaku ongkos penggunaan kapal cepat di sana amat mahal

"Satu liter bensin di sini harganya Rp 9.000," kata dia kepada Tempo, Senin, 5 November 2012.

Pria yang akrab dipanggil Marwan ini menjelaskan, luas keseluruhan Taman Nasional Danau Sentarum sekitar 132 ribu hektare. Pengelolaannya dibagi menjadi tiga seksi. Seksi II, tempat ia bertugas, luasnya 48 ribu hektare.

Untuk mengitari daerah yang sangat luas itu, tujuh orang pegawai tetap dan beberapa petugas tambahan hanya dilengkapi dengan dua kapal cepat yang berukuran kecil (mesin 15 PK) dan ukuran sedang (40 PK)

Gambaran luas wilayah yang harus diawasi oleh petugas lapangan

Padahal, jika terjadi kebakaran di musim kemarau, mereka harus mengerahkan pasukan lebih banyak menuju lokasi kebakaran.

Dalam sehari, mereka biasanya mengkonsumsi 25 liter bensin
"Seminggu pemakaiannya sekitar lima hari. Jika dihitung biaya untuk bensin hampir Rp 1,5 juta per minggu,"
kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Resort Bukit Tekenang, salah satu lokasi pusat pemantauan TNDS di seksi II, Kecamatan Semitau.

Ini baru bicara soal ongkos yang dikeluarkan untuk transportasi menjaga dan memantau TNDS sehari-hari

Belum lagi jika kapal cepat ini bermasalah. Mereka harus mengeluarkan dana lebih untuk kerusakan dan penggantian onderdil. 

"Kalau rusak, ganti ring saja bisa sampai Rp 1 juta, belum lagi biaya pemeliharaan," kata dia


Sisi lain keindahan Danau Sentarum


Sebenarnya Marwan tak begitu mengeluhkan mahalnya ongkos tersebut. Sebab, menurut dia, harga bensin atau solar di Kalimantan memang dijual di kisaran harga Rp 9.000.

Bahkan, dalam kondisi sangat parah, di mana pasokan sedikit, harga bensin dan solar bisa mencapai Rp 13 sd15 ribu

Yang dia butuhkan adalah tambahan petugas dan kapal cepat untuk menunjang aktivitas mereka sebagai penjaga taman nasional yang juga berfungsi sebagai tempat mencari nafkah masyarakat sekitar itu.

"Idealnya, tiap seksi itu punya empat kapal kecil dan satu kapal besar. Tugas kami mungkin akan menjadi lebih mudah," ujarnya berharap


Sumber,  Tempo





1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagus banget gan tempat wisata indonesia danau sentarumnya ...